Cara Mengatasi karburator Banjir

Pembahasan kali ini bertemakan Cara mengatasi karburator banjir, yang dimana apabila seseorang mengalaminya maka akan terasa gelisah karen tentunya motor tidak bisa dihidupkan. Fungsi dari karburator sendiri adalah mengkabutkan bahan bakar agar bisa masuk kedalam silinder dan mengalami pembakaran dalam silinder. Apabila pemakaian sudah terlalu lama, maka bisa terjadi masalah seperti karburator banjir. Lalu apa penyebab karburator banjir dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi karburator Banjir

Penyebab karburator banjir

Adapun penyebab yang menjadikan karburator banjir adalah tidak menutup sempurna komponen Need Valve yang mengakibatakan bahan bakar akan terus mengalir dari tangki sehingga memenuhi karburator. Di dalam karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang gunanya ntuk menampung bahan bakar sementara sebelum dilakukan pembakaran. Dan di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung langsung dengan needle valve, nah untuk fungsi dari needle valve adalah sebagai katup untuk membuka dan menutup aliran bensin dari tangki menuju karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

Cara mengatasi karburator banjir

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yakni
1. Lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator.

2. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah.

3. Buka ruang pelampung dan Anda akan melihat sebuah pelampung yang menggunakan bahan plastik.

4. Lepaskan pelampung dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve.

5. Pada tahap ini adalah tahap penyetelan Needle valve dengan cara membengkokkan sedikit keatas logam yang digunakan pada dudukan needle valve.

6. Pasangkan kembali pelampung serta needle valve.

7. Cek kembali karburator sepeda motor dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang.Demikianlah informasi tentang penyebab karburator banjir dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di website kami dan apabila berkenan silahkan share kepada rekan Anda.

Sumber: Info Otomotif

Back To Top