Tips Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahan Materialnya

Membersihkan jok Mobil dengan mudah – Apabila Mobil dengan kondisi baru maka tidak akan jadi masalah dengan jok yang kotor. Akan tetapi bagi Mobil yang telah berusia 1 atau 2 tahun hingga bertahun-tahun jok Mobil terdapat kotoran baik debu, tinta atau tumpahan sisa-sisa makanan minuman. Hal tersebut tentunya akan mengurangi kenyamanan dan estetika dari interior Mobil. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan, akan tetapi kadang terdapat kendala kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu perlu tips dan trik khusus untuk membersihkan jok Mobil dari kotoran yang membandel atau susah hilang.

Jok Mobil mempunyai bahan yang bermacam-macam seperti sintetis, kain atau fabric, beludru dan kulit. Dalam hal membersihkan jok Mobil tergantung bahannya juga penanganannya tentu berbeda pula. Adapun sebelum melakukan proses pembersihan perlu dilakukan penyedotan kotoran debu yang menempel pada jok menggunakan vacuum cleaner sampai bersih. Apabila sudah dilakukan maka berlanjut membersihkan sesuai dengan bahannya, simak tips di bawah ini:

Membersihkan jok Mobil dengan mudah

Cara Membersihkan Jok Mobil


Cara Membersihkan Jok Mobil bahan Beludru

Langkah membersihkan jok mobil berbahan beludru sebaiknya jok dilepas dulu dari mobil. Kemudian semprotkanlah cairan pembersih ke bagian yang akan dibersihkan. Dengan menggunakan sikat, sikatlah bagian yang disemprotkan tadi secara searah. Jika sudah bersihkan dengan lap kering dan kemudian dijemur.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Fabric


Sedangkan untuk bahan kain apabila terdapat noda tak terlalu membandel, masih bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah membandel, sangat susah untuk dibersihkan. Anda harus melepas bahan tersebut dan kemudian direndam dalam air sabun. Lakukan hal tersebut layaknya mencuci baju. Bahkan terkadang tidak begitu maksimal.

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Sintetis dan Kulit


Nah untuk terahir Bahan jenis kulit sebenarnya sangat mudah untuk dibersihkan. Apalagi produsen jok seperti MBtech sudah menyediakan pembersihnya sendiri yang diberi nama MBtech Cleaner. Harganyapun cukup terjangkau yaitu hanya 70 ribu rupiah saja. Pertama-tama semprotkan pembersih tersebut ke seluruh bagian jok. Tunggu hingga 1 menit baru kemudian dilap menggunakan kain kering. Jika noda terlalu membandel tunggulah hingga 15 menit agar pembersih bekerja secara optimal. Jika perlu gunakan sikat untuk membersihkanya.

Itulah tips tentang cara membersihkan jok Mobil sesuai bahan material yang digunakan, Anda bisa mempraktekannya di rumah, selain itu lakukalah perawatan secara berkala supaya jok Mobil Anda tetap bersih yang dapat menimbulkan kenyamanan saat mendudukinya. Simak juga: Cara Mengatasi air radiator berwarna coklat

Back To Top