Ketahui Ciri-ciri AC Mobil yang Mengalami Kerusakan

Pada saat berada di dalam Mobil, pastinya akan terasa nyama jika dalam kondisi sejuk meskipun udara di luar begitu panas menyengat. Di era jaman sekarang hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan AC. Akan tetapi bagaimana jika tiba-tiba terasa panas padahal AC masih menyala? Hal pertama yang dicurigai adalah compressor AC. Gejala yang timbul seperti bunyi yang tidak wajar dan hembuasan udara yang panas ketika rpm rendah, bisa saja merupakan gejala awal compressor AC mengalami kerusakan.
Berikut ini ciri kompresor AC mobil bila mulai bermasalah :


Ketahui Ciri-ciri AC Mobil yang Mengalami Kerusakan

Bunyi

Bunyi yang dihasilkan apabila terjadi gejala ringan compressor biasanya terjadi pada saat tombol AC diatur keposisi 1,2 ata 3 yang merupakan tanda bahwa AC sedang mulai bekerja. Pada saat diubah terdengar suara yang agak kasar seperti adanya gesekan. Dan pada saat tombol dalam posisi off maka suara tersebut hilang dari balik kap. Penyebab suara gesekan tersebut bisa saja karena oli pada compressor telah habis atau kurang, trush bearing longgar, piston aus hingga AS kurang presisi.

Kompresi berkurang


Pada saat terjadi masalah kompresi rendah, maka hembusan udara yang dihasilkan AC dirasa kurang dingin ketika pada rpm rendah. Pada saat mulai melaju dan berada dalam kecepatan tertetu maka udara yang dikeluarkan AC mulai agak dingin seiring bertambahnya rpm.

Bocor

Apabila terjadi kebocoran pada compressor AC, maka hembusan yang dikeluarkan AC tidak dingin secara bertahap. Semuanya tergantung kebocoran yang terjadi, semakin besar kebocoran yang terjadi pada compressor maka semakin cepat habis freonnya dan semakin cepat pula udara dalam kabin terasa tidak dingin. Biasanya kebocoran pada compressor membutuhkan waktu 1 sampai 6 minggu hungga Freon habis total.

Magnetic clutch

Cirri-ciri ini terjadi biasanya pada saat Mobil berada dalam kemacetan, yang dimana udara yang dikeluarkan AC tiba-tiba tidak dingin. Ketika dimatikan tombol AC dandinyalakan kembali udara yang dihasilkan kembali normal. Hal ini terjadi biasanya beriringan dengan naiknya rpm hingga 1000 rpm.

Apabila menemui kendala tersebut, maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel AC Mobil langganan atau kepercayaan Anda. Pabila dibiarkan saja, maka semakin lama akan merambah komponen lain dan bisa menyebabkan compressor AC jebol. Siapkan dana 2-3 juta untuk perbaikan, apabila terlanjur jebol atau rusak parah, maka dibutuhkan dana lebih dari 5 juta untuk dilakukan pergantian.

Demikianlah informasi yang dapat Admin berikan tentang Ciri-ciri AC Rusak, semoga bermanfaat.

1 komentar:

owhh gitu ya?? oke lah sipp... thankss

Back To Top